Jangan Takut

Suatu sore aku bermain bersama anak – anak desa tempat aku KKN. Yang beda, sore itu aku melihat anak – anak yang sibuk mencari anak ikan lele di pematang sawah. Waktu aku lagi asik ngeliat anak – anak yang sibuk nyari bibit lele itu, tiba – tiba pandanganku tertuju pada seorang anak kecil (sekitar umur 3,5 th) yang berlarian di pinggir kolam lele itu. Dalam hati aku bertanya, “Gila, ne anak apa ga takut jatuh ke kolam ya ?”. Lalu aku coba ngomong ke dia, “Eh, hati – hati lho ! Ntar kecebur kolam !“. Tapi tuh anak ga gubris sama omonganku. Yang aku liat wajahnya ceria banget.

Singkat cerita, waktu aku turun ke lapangan (kolamnya tuh di samping atas lapangan) aku ketemu dia lagi. Waktu ketemu dia, tiba – tiba dia ngomong gini, “Mas Yez (panggilan gw waktu KKN), kalau seandainya tadi aku jatuh, Mas Yez pasti nolongin aku khan ? “. “Pede banget ne bocah“, pikirku……..

Waktu aku renungin kejadian ini kembali, aku mendapatkan pengertian bahwa hidup kita seharusnya seperti anak ini. Hidup yang dijalani dengan penuh keberanian, bukan ketakutan. Firman Tuhan mengatakan :

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan

(Yeremia 29 : 1)

Seringkali kita takut untuk melangkah. Banyak dari kita yang terlalu memperhitungkan resiko sehingga takut terkena dampaknya ketika kita gagal. Akhirnya apa, kita enggan untuk melangkah pada kesempatan yang terbuka untuk kita. Tuhan tidak pernah mengajarkan pada kita untuk hidup dalam ketakutan. Tetaplah berjalan bersama Tuhan , jangan takut jika nanti suatu saat kita jatuh. Percayalah, tangan-Nya selalu ada untuk menopang kita, hikmat-Nya selalu ada untuk memberikan kita solusi dan jalan keluar dan kasih-Nya diperbaharui setiap hari untuk melimpahkan damai sejahtera bagi kita.

Selamat berjuang. Tuhan memberkati…..

One Response to “Jangan Takut”

  1. Wah Yez…bermakna banget postinganmu…tapi emang kamu bener banget…
    Tuhan tidak akan pernah meninggalkan anakNya jalan sendirian. Dia pasti akan selalu menyediakan tanganNya!

Leave a Reply

