Belajar dari Mikha

“Suruhan yang pergi memanggil Mikha itu, berkata kepadanya: “Ketahuilah, nabi-nabi itu sudah sepakat meramalkan yang baik bagi raja, hendaklah engkau juga berbicara seperti salah seorang dari pada mereka dan meramalkan yang baik.”
Tetapi Mikha menjawab: “Demi TUHAN yang hidup, sesungguhnya, apa yang akan difirmankan TUHAN kepadaku, itulah yang akan kukatakan.””

Mikha 22 : 13 – 14

Ikut pendapat kebanyakan orang. Itulah statement yang mendasari tindakan beberapa orang ketika mengambil keputusan. Mereka cenderung mengikuti sistem, tatanan atau kebiasaan kelompok tertentu tanpa mengetahui benar atau tidaknya keputusan atau tindakan tersebut. Hal itu kadang didasari oleh karena ketakutan, ketidakpedulian, kesetikawanan atau tidak punya prinsip sendiri. Itulah yang dialami Mikha. Ia harus melawan “nubuatan” 400 orang nabi – nabi yang dipercaya Ahab untuk mencari tahu tentang peluang kemenangan melawan Raja negeri Aram.

Posisi Mikha saat itu sangat tidak mengenakkan karena Ahab memang tidak suka dengan nubuatan yang disampaikan Tuhan melalui Mikha. Padahal apa yang disampaikan Mikha adalah suatu kebenaran yang memang menyakitkan bagi Ahab. Bagaimana dengan kita ? Beranikah kita mengungkap dan berpegang pada kebenaran ketika banyak orang – orang disekitar kita melakukan hal yang tidak benar. Dan beranikah kita tetap berpegang pada kebenaran dan menghadapi semua resikonya ?..

Selama kebenaran kita memiliki prinsip yang baik dan sesuai dengan nilai – nilai Firman dan norma yang ada, jangan takut untuk melangkah. Percaya dan lakukanlah meskipun banyak orang – orang yang tidak suka dengan apa yang kita lakukan. Karena pada akhirnya nanti, kebenaranlah yang akan menang…

Tuhan memberkati…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: