Tidak Berakar Kuat

“The seeds in the gravel are those who hear with enthusiasm, but the enthusiasm doesn’t go very deep. It’s only another fad, and the moment there’s trouble it’s gone. ” (Luke 8 : 13)

(The Messege Version)

tentu perumpamaan ini sudah tidak asing bagi kita semua, perumpamaan tentang seorang penabur. Salah satu tipe “tempat jatuhnya” benih yang ditabur oleh sang penabur adalah tanah berbatu. Tuhan Yesus menjelaskan bahwa orang yang memiliki hati seperti tanah berbatu ini adalah orang – orang yang mendengar firman Tuhan dengan senang hati. Dalam terjemahan lain diterjamahkan sebagai “dengan penuh gelora (enthusiasm)”. Orang seperti ini dijaman sekarang adalah orang – orang Kristen yang suka memanfaatkan event – event tertentu untuk memiliki kedekatan dengan Tuhan. Maksudnya ialah orang – orang yang suka memanfaatkan acara – acara seperti KKR, Doa Pelepasan, Doa dengan Penumpangan tangan atau acara – acara rohani lainnya yang terlihat “wah” atau “megah”.

Memang tidak salah jika kita menyukai atau selalu hadir dalam acara – acara semacam itu. Baik untuk roh kita. Tapi yang jadi masalah ialah tindak lanjut setelah kita meninggalkan acara – acara semacam itu. Apakah kita masih mau menjaga api yang sudah Tuhan berikan untuk kita ? Apakah kita masih menjaga urapan yang sudah Tuhan berikan untuk kita ?

Orang yang hanya memanfaatkan event – event tersebut tidak akan pernah kuat akar rohnya. Karena jika kita hanya memanfaatkan acara- acara itu tanpa kita memelihara apa yang Tuhan beri lewat acara – acara kerohanain tersebut semuanya akan sia – sia. Kita hanya akan menjadi orang – orang yang mau enaknya saja. Biasanya orang – orang semacam ini disebut Kristen Gampangan. Suka – sukanya minta, tapi tidak mau memelihara dan menjaga apa yang Tuhan beri.

Dan ketika masa ujian datang, dengan mudahnya iman akan gugur dan cenderung jadi orang yang suka menyalahkan Tuhan atas kondisi yang dihadapi. Malah bisa – bisa murtad dan menjauh dari Tuhan. Barang siapa berakar kuat didalam Dia, maka angin sekencang apapun tidak akan merobohkan pohon imanmu.

mari kita semakin berakar kuat di dalam Dia.
Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: